Minggu, 21 Juni 2009

Batam Session - 2


Menyambung dari Orang Batam Session - 1, berikut saya release Orang Batam Session - 2.

PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN

Sedikit berbagi, sekitar tahun 2002 pertama kali saya menginjakkan kaki di Batam. Saya agak kecewa karena bayangan saya tentang Batam yang mungkin hampir sama dengan Singapura ternyata tidakterbukti. Pada waktu itu yang nampak hanyalah sebuah kota yang dihiasi dengan seribu ruko (maklum pada waktu itu saya jalan-jalannya di Batam Center, Sungai Panas, Baloi, Jodoh, Nagoya). Ok, dilanjut…

Tingginya mobilitas pendatang, pertumbuhan penduduk dan bertambahnya pekerja asing telah berdampak kepada pertumbuhan perumahan yang cukup tinggi. Tercatat kebutuhan pasokan rumah untuk tahun 2008 sebesar 10.000, dan saat ini mengalami penurunan sebesar 30 % diakibatkan oleh krisis financial. Hal ini tidak menyurutkan minat pengembang untuk berhenti bersaing. Adapun macam perumahan di Batam mulai dari perumahan mewah, menengah hingga sederhana dengan berbagai type. Saat ini para pengembang perumahan membangun perumahan dalam bentuk komplek dimana pembangunan rumah diatas tanah kavling sangat jarang di Batam. Selain itu kepemilikan rumah di Batam berdasarkan Hak Guna Tanah bukan kepemilikan tanah (Tanah merupakan kepemilikan Negara yang dalam hal ini berada di bawah Otorita Batam).



Sebagaimana kota-kota lainnya, yang sudah jadi sunatullah kalau ada yang kaya pastilah ada yang miskin. Begitu juga dengan adanya perumahan mewah disuatu kota tetap aja ada daerah slum yang menghiasi Batam. (Jadi ingat film Slumdog Millionaire). Setelah Perda Nomor 2 Tahun 2004 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Batam Tahun 2004 – 2014 dilaunching, maka pelan tapi pasti akan diadakan perbaikan untuk tata ruang kota. Dan pemerintah juga telah mengupayakan penyediaan perumahan murah yang layak dalam bentuk rumah susun, untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga Batam bisa berhias jadi lebih cantik, tanpa meninggalkan masalah sosial dan kemanusiaan.

Pertumbuhan pembangunan kota Batam terhitung sangat cepat dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Apabila Anda datang ke Batam untuk saat ini , Anda akan mendapatkan kota Batam menggeliat menjadi kota metropolis yang menjadi salah satu Macan Indonesia.


PENDIDIKAN

Untuk menunjang pembangunan sebuah daerah diperlukan SDM yang memadai, disebalik SDM yang memadai diperlukan pendidikan yang menunjang. Rata-rata penduduk Batam adalah usia produktif, hal ini menyebabkan kebutuhan akan pendidikan dasar menjadi lebih besar.

Saat ini Batam terdapat 258 Sekolah Dasar (SD) terdiri dari 131 SD Negeri dan 127 SD Swasta, Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 84 sekolah terdiri dari 35 SMP Negeri dan 49 SMP Swasta. Sekolah Menengah Atas (SMA) terdapat 34 Sekolah terdiri dari 15 SMA Negeri dan 19 SMA Swasta, sedangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 23 Sekolah terdiri dari 4 SMK Negeri dan 19 SMK Swasta.

Pemerintah kota terus berupaya melakukan penambahan sekolah dan ruang kelas baru, hal ini bukan berarti menjamin bakal menghapus kekurangan daya tampung siswa khususnya di tingkat SD dan SMP. Jumlah siswa dari tahun ke tahun juga semakin banyak seiring bertambahnya jumlah penduduk Batam yang tergolong pesat. Ini seperti lingkaran setan, pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan sekolah, tetapi animo pendaftar khususnya sekolah negeri juga makin tinggi. Untuk itu pemerintah berupaya meningkatkan kualitas sekolah-sekolah Swasta.

Tahun 2009 Pemerintah Kota Batam akan membangun 4 Unit Sekolah Baru 1 SD dan 3 SMP. Pemerintah juga akan melakukan penambahan ruangan elas baru sebanyak 43 ruang, dengan alasan untuk memenuhi daya tampung SD dan masih banyaknya SD yang menerapkan Double Shift.

Sebagaimana kayu yang dibasahi hujan, maka jamur pun akan bermunculan. Begitu juga dengan perguruan tinggi dibatam pun bermunculan sebagaimana jamur tersebut. Berikut adalah daftar Perguruan Tinggi Negeri di Batam :

Akademi Akuntansi Permata Harapan Batam

Batam

Akademi Analis Kesehatan Putra Jaya Batam

Batam

Akademi Bahasa Asing Permata Harapan

Batam

Akademi Kebidanan Putra Jaya Mandiri Batam

Batam

Akademi Keperawatan Mitra Bunda Persada

Batam

Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer Gici

Batam

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada Batam

Batam

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cakrawala Batam

Batam

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ibnusina

Batam

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ibnu Sina Batam

Batam

Sekolah Tinggi Teknik Bentara Persada Batam

Batam

Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina

Batam

STMIK Putera Batam

Batam

Universitas Batam

Batam

Universitas Internasional Batam

Batam

Universitas Putera Batam

Batam

Universitas Riau Kepulauan

Batam

KESEHATAN

Masih ingat dulu waktu sekolah ada kawan saya yang punya semboyan Mens sana in corpore sano”. Tetapi kalau saat ini kita membahas makna Mens sana in corpore sano” pun tidak ada salahnya, arti kalimat tersebut adalah “Lu ke Sana aye ntar ke sono” tidak lah cuman joke saja. Kalimat tersbut adalah bahasa latin "Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat." Maksudnya jika jiwa seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga. Begitu pula sebaliknya.

Mungkin yang lebih tahu arti penting dari kesehatan adalah kita sendiri, bukannya Bapak atau Ibu Dokter. Sebagaimana Lyric ciptaan Erros “Kau takkan pernah tau apa yg kau miliki, hingga nanti kau kehilangan “, Coba kita bayangkan hari ini dengan kesehatan yang ada pada diri kita tiba-tiba diambil oleh Pemilik nyawa kita, mungkin kita akan habiskan semua harta yang kita punya untuk membeli kesehatan kita. Untuk itulah kita perlu bersyukur dengan apa-apa yang kita miliki.

Dan untuk menunjang kebutuhan akan kesehatan, batam juga menyediakan Rumah sakit, Klinik, Rumah Bersalin, ditunjang Puskesmas disetiap kecamatan, serta Apotek dan Toko Obat yang tersebar dikota Batam.

Berikut adalah Daftar Rumah Sakit dan Puskesmas yang memiliki Fasilitas UGD 24 Jam :

Casa Medical Centre

Alamat

:

Jl. Jendral Ahmad Yani No.8 Muka Kuning
Telp. (0778) 371002, 371003
Fax. (0778) 371001

Charis Medika

Alamat

:

Muka Kuning Paradise Blok D No.1-9






Nuruddiniyah

Alamat

:

Jl. Raya Sei Panas Batam
Telp. (0778) 452525
Fax. (0778) 427910


Puskesmas Belakang Padang

Alamat

:

Jl. Hang Tuah, Kampung Tanjung


Puskesmas Sei Panas

Alamat

:

Jl. Laksamana Bintan , Sei Panas


Puskesmas Sei Pancur

Alamat

:

Kav. Sei Pancur Blok I no.1 Kelurahan Tj.Piayu, Kec. Sei Beduk

RS Awal Bros





Alamat

:

Jl. Gadjah Mada Kav. 1 Batam
Telp. (0778) 431777
Fax. (0778) 430777
email : mailbox@rsawalbrosbatam.com
website : www.rsawalbrosbatam.com


RS Budi Kemuliaan

Alamat

:

Jl. Budi Kemulian No. 1 Kampung Seraya
email : service@rsbk-batam.co.id
website : rsbk-batam.co.id


RS Harapan Bunda

Alamat

:

Jl. Seraya No 1. Kampung Seraya




RS Otorita Batam






Alamat

:

Jl. Cipto Mangunkusumo Sekupang

RS St.Elisabeth





Alamat

:

Jl. Anggrek Blok II Lubuk Baja


RSUD Kota Batam

Alamat

:

Jl. Brigjen Katamso, Tanjung Uncang




Jadi apabila anda risau dengan kondisi kesehatan anda dan hendak datang atau bepergian ke Batam jangan ragu lagi, tenaga kesehatan di Batam akan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik untuk anda.

AGAMA

Jauh-jauh hari sebelum saya datang ke Batam, dulu pernah jumpa dengan tetangga yang baru balik dari Batam. Beliau menikah dengan seorang akhwat yang kebetulan memakai hijab secara sempurna. Karena saya tidak mungkin berbicara langsung dengan akhwat tersebut, maka kawan saya berinisiatif untuk bertanya kepada akhwat tersebut, bagaiman dia menjemput hidayah. Beliau terangkan bahwasanya beliau menjemput hidayah di Batam, karena di Batam memiliki Islam yang kuat dan perkembangan da’wah disana begitu cepat dan maju. Hal ini berbeda dengan pandangan saya waktu itu, dimana Batam merupakan kota yang bebas dan terkenal dengan kehidupan malamnya.

Mayoritas agama yang dianut di Batam adalah Agama Islam, anda tidak akan susah mencari tempat ibadah disini. Masjid, Mushola, tersebar disetiap daerah. Ada kawan dari India dan Singapura pernah bilang ke saya “Disini enak dimana-mana bisa dengar Adzan.” Kalau kita lihat memang di Singapura Adzan tidak bisa dikumandangkan lewat speaker luar, hanya boleh speaker dalam. Seharusnya Umat Islam di Indonesia harus bersyukur, dan lebih giat lagi beribadah.

Jika Anda hendak melihat kerukunan dan keberagaman kehidupan beragama di Batam dan kunjungi dan nikmati sensasinya. Dan anda akan dibuat kaget dengan perkembangan da'wah Islam di Batam, seperti orang bilang, "Dulu orang belajar agama dikampung-kampung, sekarang orang belajar agama di kota-kota".

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mas Han, kalo buat tinggal dimana nih yang bagus di Batam ?

    BalasHapus
  3. Kalau saya sarankan sih tinggal di Tiban, harga rumahnya tidak terlalu mahal (dibanding Baloi dan Batam Center), Mudah menajangkau FAsilitas Umum. Nilai plus yang lain udaranya tidak terlalu panas karena dekat dengan hutan.

    BalasHapus
  4. Wah...Mas Han koq langsung tau ya saya nyari yang deket hutan 8-} Hebat bener....

    Tiban memang masuk dilist saya, tapi apa pendapat Mas Han dengan sekupang & nongsa ;))
    Sekupangnya yang mulai dari danau (dkt shangrila) sampai menuju patam lestari....

    BalasHapus
  5. Kebetulan saja :p

    Tiban masih Kecamatan Sekupang, saya rasa Sekupang pun pilihan yang Bagus. kalau untuk Nongsa mungkin rada jauh dari pusat kota. Tetapi bila Anda pengen menikmati kesunyian... Nongsa pilihannya :p

    BalasHapus
  6. Ok....terima kasih Mas Han untuk infonya.

    BalasHapus