Sabtu, 13 Juni 2009

Fenomena Teh Obeng Batam



“Moy, Teh Obengnya dua,” kata paman saya kepada seorang amoy penjaga kedai Kopi Thiam. Kejadian ini terjadi 7 tahun yang lalu tatkala pertama kali saya menginjakkan kaki ke Batam. “Teh Obeng” sebuah kata yang menggelitik dalam benakku, hingga membuatku tak sabar untuk mendapatkannya. Bermacam-macam angan timbul dibenakku tentang Teh Obeng itu.

Beberapa menit kemudian amoy tadi datang untuk hantarkan 2 gelas Teh Obeng. Segelas Teh Obeng sudah berada tepat didepanku,tetapi misteri teh obeng belum juga terpecahkan. Secara Visual seperti teh biasa dihiasai dengan Es kristal dengan lubang ditengah. Akhirnya saya coba untuk mencoba merasakan Teh Obeng tersebut, wah rasanya benar-benar Ajiiib menimbulkan aroma yang khas pas banget untuk hilangkan dahaga diteriknya Batam kala siang itu. Saya mencoba untuk menebak-nebak keistimewaan teh ini, hipotesa pertama teh obeng dibuat dengan teh merk Obeng, atau es nya mungkin dilubangin pake Obeng, dan atau yang terakhir mungkin ngaduknya pakai Obeng.

Lalu saya coba untuk bertanya pada Paman untuk hilangkan penasaranku, paman menjelaskan dengan gayanya yang khas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaanku. Teh Obeng adalah istilah yang digunakan di Batam untuk menyebut Es Teh Manis dan masih ada istilah minuman yang lain yaitu Teh O untuk teh panas dan kopi O untuk kopi panas. Es Kristal yang lubang tengahnya bukan Es yang dilubangin pake obeng, tetapi memang cetakannya seperti itu dan esnya bisa didapat di pabrik-pabrik es di Batam. Sedangkan tehnya sendiri kebetulan memakai teh Prendjak yang menimbulkan aroma yang khas, tidak ada teh khusus untuk teh Obeng. Terakhir tidak ada pakai Obeng untuk mengaduk tehnya, yang jelas tidak ada hubungan antara obeng dengan teh Obeng.

Ada yang menarik dari Batam, Anda bisa mendapati puluhan bahkan ratusan kedai kopi yang tersebar di daerah Batam. Herannya setiap kedai kopi tersebut selalu ramai dikunjungin oleh pelanggan, baik pagi, siang, maupun sore. Apabila saat ramai pengunjung, Anda bisa memperhatikan percakapan mereka, ada yang sekedar berteduh, ada yang menghabiskan waktunya, bahkan ada yang bicara bisnis. Konon kabarnya kedai kopi ini juga sebagai sarana untuk mencari peluang bisnis baik untuk bisnis kecil-kecilan sampai kelas kakap. Jadi tidak heran kalau kedai kopi di Batam tidak ada matinya.

Apapun yang terjadi tetap Teh Obeng adalah souvenir berharga yang patut dicoba diBatam, rasakan sensasinya dapatkan di kedai-kedai kopi terdekat di kota Batam untuk dapatkan kepuasannya. Come to Batam.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar